KOPLING
Ø DASAR TEORI
Kopling adalah alat yang digunakan
untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk
mentransmisikan daya mekanis.
Ø KOMPONEN KOPLING
Pedal kopling Fungsi pedal kopling
adalah untuk merubah gaya tekanan dari pengemudi untuk diteruskan kedalam
master kopling.
Master kopling Atas Master kopling fungsi utamanya untuk meneruskan tenaga dari pedal kopling ke release kopling,
Release silinder kopling atau master kopling bawah Release kopling menerima tekanan dari master kopling atas dan meneruskan kedalam garbu pembebas melalui push rod untuk mendorong maju dan membebaskan kopling, sama hal nya dengan master kopling didalam release kopling ini juga terdapat perapat untuk mencegah kebocoran minyak kopling.
Garbu pembebas atau fork kopling
Menerima gaya tekan dari release kopling, garbu pembebas ini dihubungkan dengan release bearing yang akan bergerak maju mundur menekan cover clutch dan membebaskan putaran mesin ketika pedal kopling di injak.
Release bearing Kopling
Merupakan sebuah bantalan berupa bearing atau kolaher yang fungsinya untuk menekan pelat pegas atau diafragma spring pada tutup kopling (cover clutch).
Cover cluth (tutup kopling) Fungsinya sebagai dudukan kampas kopling dan menekan kampas kopling ke fly wheel untuk meneruskan tenaga dari mesin.
Plat Kopling atau Kampas kopling
Kampas kopling atau disc clutch atau Clutch Plate berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi
Fly wheel atau Roda Gila
Fly wheel disebut juga roda gila, roda gila berfungsi meneruskan tenaga atau putaran mesin yang selanjutnya diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling.
Master kopling Atas Master kopling fungsi utamanya untuk meneruskan tenaga dari pedal kopling ke release kopling,
Release silinder kopling atau master kopling bawah Release kopling menerima tekanan dari master kopling atas dan meneruskan kedalam garbu pembebas melalui push rod untuk mendorong maju dan membebaskan kopling, sama hal nya dengan master kopling didalam release kopling ini juga terdapat perapat untuk mencegah kebocoran minyak kopling.
Garbu pembebas atau fork kopling
Menerima gaya tekan dari release kopling, garbu pembebas ini dihubungkan dengan release bearing yang akan bergerak maju mundur menekan cover clutch dan membebaskan putaran mesin ketika pedal kopling di injak.
Release bearing Kopling
Merupakan sebuah bantalan berupa bearing atau kolaher yang fungsinya untuk menekan pelat pegas atau diafragma spring pada tutup kopling (cover clutch).
Cover cluth (tutup kopling) Fungsinya sebagai dudukan kampas kopling dan menekan kampas kopling ke fly wheel untuk meneruskan tenaga dari mesin.
Plat Kopling atau Kampas kopling
Kampas kopling atau disc clutch atau Clutch Plate berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi
Fly wheel atau Roda Gila
Fly wheel disebut juga roda gila, roda gila berfungsi meneruskan tenaga atau putaran mesin yang selanjutnya diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling.
Ø PENGUKURAN
PAKU KELING (IN)
|
1,5MM
|
PAKU KELING (EX)
|
1,4MM
|
TORSION DAMPER
|
BAGUS
|
DIAPRGMA SPRING
|
2,6MM
|
PRESSURE PLATE
|
BAGUS
|
CATATAN :
DIAPGRAGMA SPRING SEBELUM DI TEKAN : 15,25MM
DIAPRAGMA SPRING SESUDAH DI TEKAN : 13,10 MM
HASIL CELAH
PENEKANAN DIAPRAGMA SPRING : 2,15 MM
BATAS
MAKSIMAL KEAUSAN PAKU KELING 0,3 -0,6 MM
Ø KENDALA
KENDALA
PADA SAAT OVERHAUL KOPLING PADA SAAT PADA SAAT PEMBONGKARAN TRASNMISI KARENA
BELUM TAHU PROSEDUR JADI AGAK SUSAH DAN PADA SAAT MELEPASKAN TRASNMISI DARI
MESIN DAN JUGA PADA SAAT MEMASUKAN TRANSMISI KEKOPLING DAN PADA MEMBUKA BAUT
TERAKHIR TRANSMISI YANG DI ATAS KARENA RUANG YANG SANGAT SEMPIT.
Ø CARA KERJA
CARA KERJA
KOPLING ADALAH MEMUTUS HUBUNGKAN ANTARA MESIN DENGAN TRASNMISI DAN MENERUSKAN
PUTARAN DARI MESIN KE TRANSMISI AGAR TRASNMISI BISA MEMUTARKAN RODA DAN
MELAJUKAN KENDARAAN
No comments:
Post a Comment