sponsor

Tuesday, September 17, 2019

SISTEM KOPLING DAN KOMPONENNYA || otomotif

KOPLING

Ø DASAR TEORI
Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis.
Ø KOMPONEN KOPLING

Pedal kopling Fungsi pedal kopling adalah untuk merubah gaya tekanan dari pengemudi untuk diteruskan kedalam master kopling.

Master kopling Atas Master kopling fungsi utamanya untuk meneruskan tenaga dari pedal kopling ke release kopling,

Release silinder kopling atau master kopling bawah Release kopling menerima tekanan dari master kopling atas dan meneruskan kedalam garbu pembebas melalui push rod untuk mendorong maju dan membebaskan kopling, sama hal nya dengan master kopling didalam release kopling ini juga terdapat perapat untuk mencegah kebocoran minyak kopling.

Garbu pembebas atau fork kopling
Menerima gaya tekan dari release kopling, garbu pembebas ini dihubungkan dengan release bearing yang akan bergerak maju mundur menekan cover clutch dan membebaskan putaran mesin ketika pedal kopling di injak.

Release bearing Kopling
Merupakan sebuah bantalan berupa bearing atau kolaher yang fungsinya untuk menekan pelat pegas atau diafragma spring pada tutup kopling (cover clutch).

Cover cluth (tutup kopling) Fungsinya sebagai dudukan kampas kopling dan menekan kampas kopling ke fly wheel untuk meneruskan tenaga dari mesin.

Plat Kopling atau Kampas kopling
Kampas kopling atau disc clutch atau Clutch Plate berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi

Fly wheel atau Roda Gila
Fly wheel disebut juga roda gila, roda gila berfungsi meneruskan tenaga atau putaran mesin yang selanjutnya diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling.



Ø PENGUKURAN
PAKU KELING (IN)
1,5MM
PAKU KELING (EX)
1,4MM
TORSION DAMPER
BAGUS
DIAPRGMA SPRING
2,6MM
PRESSURE PLATE
BAGUS

CATATAN :
 DIAPGRAGMA SPRING SEBELUM DI TEKAN : 15,25MM
 DIAPRAGMA SPRING SESUDAH DI TEKAN : 13,10 MM
HASIL CELAH PENEKANAN DIAPRAGMA SPRING : 2,15 MM
BATAS MAKSIMAL KEAUSAN PAKU KELING 0,3 -0,6 MM
Ø  KENDALA
KENDALA PADA SAAT OVERHAUL KOPLING PADA SAAT PADA SAAT PEMBONGKARAN TRASNMISI KARENA BELUM TAHU PROSEDUR JADI AGAK SUSAH DAN PADA SAAT MELEPASKAN TRASNMISI DARI MESIN DAN JUGA PADA SAAT MEMASUKAN TRANSMISI KEKOPLING DAN PADA MEMBUKA BAUT TERAKHIR TRANSMISI YANG DI ATAS KARENA RUANG YANG SANGAT SEMPIT.
Ø CARA KERJA

CARA KERJA KOPLING ADALAH MEMUTUS HUBUNGKAN ANTARA MESIN DENGAN TRASNMISI DAN MENERUSKAN PUTARAN DARI MESIN KE TRANSMISI AGAR TRASNMISI BISA MEMUTARKAN RODA DAN MELAJUKAN KENDARAAN

No comments:

Post a Comment

SISTEM REM DAN KOMPONENNYA || OTOMOTIF

BRAKE SISTEM Fungsi : * Mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan. Memungkinkan parkir ditempat yang menurun Sebagai alat p...