sponsor

Friday, December 20, 2019

SISTEM REM DAN KOMPONENNYA || OTOMOTIF

BRAKE SISTEM


Fungsi :
* Mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan.
Memungkinkan parkir ditempat yang menurun
Sebagai alat pengaman dan menjamin pengendaraan yang aman



KOMPONEN KOMPONEN SISTEM REM
PRINSIP DASAR SISTEM REM

* Merubah energi gerak menjadi energi panas. Umumnya rem bekerja disebabkan oleh adanya sistim gabungan penekanan melawan sistim gerak putar.
Efek pengereman diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua benda

TIPE TIPE REM
* Rem yang digunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan menjadi beberapa tipe tergantung pada penggunaannya

~  Rem kaki ( Foot brake ), dioperasikannya menggunakan kaki untuk mengontrol
    kecepatan dan menghentikan kendaraan
~  Rem Parkir (Parking brake ) untuk menahan kendaraan supaya tidak mudah
    bergerak pada saat parkir
~ Rem tambahan ( auxiliary brake ) untuk membantu rem kaki, umumnya digunakan
   pada kendaraan besar dan berat

TIPE DAN KONSTRUKSI MASTER SILINDER
ada 2 tipe master silinder :
~  Tunggal
~  Ganda ( tandem )

WHEEL CYLINDER

Ada 2 macam wheel cylinder
~  Dengan satu piston untuk mendorong brake shoes
~  Dengan dua piston untuk mendorong brake shoes

SEPATU REM DAN KANVAS REM
Brake shoe
Bahan plat baja

Kanvas Rem
Bahan, Campuran fiber metalic, brass, lead, Plastik , dll
Cara pemasangan pada sepatu rem dengan cara di keling atau di lem

Komponen rem tromol :
Backing plate
Wheel cylinder
Brake shoe & linning
Brake drum
Catatan
Ketika brake linning bergesekan dengan brake drum, panas yang ditimbulkan dapat mencapai 200 ~ 300oC

CELAH SEPATU REM

Celah yang tidak tepat dapat menyebabkan :
~  Jika terlalu besar akan menyebabkan keterlambatan dalam pengereman
~  Jika terlalu kecil, rem akan macet
~  Jika tidak sama akan menyebabkan kendaraan tertarik kesatu arah
PENYETEL CELAH SEPATU REM OTOMATIS

CARA KERJA
Saat rem parkir bekerja, maka tuas tertarik ke kiri. Pada saat yang bersamaan, tuas penyetel akan berputar searah jarum jam mengelilingi pin tempat sepatu rem terpasang, memutarkan adjusting screw.


Pada saat celah mencapai harga standar ( celah sepatu rem dengan tromol +/- 0,5 mm, maka adjusting lever hanya bergerak sedikit ( tidak dapat mengait gigi adjusting screw ). Sehingga celah sepatu rem tetap.

Rem cakram ( disc brake ) terdiri dari :
1.Cakram ( rotor disc )
2.Disck Pad
3.Caliper

Daya pengereman dihasilkan karena gesekan antara disc pad dan disc rotor

Keuntungan :
Radiasi panas lebih baik
Bila terkena air lebih cepat kering
Konstruksi lebih sederhana
Mudah dalam perawatan

Kerugian :
Self energinzing kecil
Membutuhkan tekanan hidraulis yang besar

PRINSIP KERJA BOOSTER REM
Bila vacuum bekerja pada kedua sisi piston, maka piston akan terdorong ke kanan oleh pegas. Bila tekanan atmosfir masuk ke ruang A, maka piston bergerak ke kiri menekan pegas karena adanya perbedaan tekanan, menyebabkan batang piston menekan piston master silinder.

CARA KERJA KETIKA PEDAL BELUM DITEKAN

Air valve tertarik ke kanan oleh air valve return spring, bertemu dengan kontrol valve sehingga tertutup. Dan udara luar tidak bisa masuk ke variable pressure chamber. Vacuum valve terbuka menyebabkan terjadinya kevacuuman pada constant dan variable pressure chamber. Piston terdorong ke kanan oleh pegas diapragma

CARA KERJA KETIKA PEDAL DITEKAN
Valve operating rod mendorong air valve control valve, menyebabkan vacuum valve tertutup dan air valve terbuka hal ini menyebabkan udara luar masuk ke variable pressure chamber. Perbedaan tekanan antara variable dan constant pressure chamber menyebabkan piston bergerak ke kiri  




MOHON MAAF BILA BANYAK KESALAHAN SILAHKAN BERKOMENTAR
SEKIAN DAN TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT
MEISTER OTOMOTIF ANGKATAN 6


No comments:

Post a Comment

SISTEM REM DAN KOMPONENNYA || OTOMOTIF

BRAKE SISTEM Fungsi : * Mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan. Memungkinkan parkir ditempat yang menurun Sebagai alat p...