sponsor

Tuesday, October 29, 2019

CARA MEMPERBAIKI KELISTRIKAN PENGAPIAN LENGKAP || otomotif

WIRING PENGAPIAN KONVENSIONAL
TEORI DASAR
Ø  Fungsi pengapian adalah :
 untuk menghasilkan tegangan tinggi untuk mengadakan bunga api di antara elektroda busi sehingga ccampuran bahan bakar dan udara di bakar secara sempurna walaupumn kecepatan berubah-ubah.
KOMPONEN DAN FUNGSI  
·         Accu (baterai)
Berfungsi untuk memasok listrik kepada komponen-komponen, dan juga berfungsi untuk menyimpan arus listrik
·         Kunci kontak  
Berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan arus listrik pada rangkaian
·         Koil
Berfungsi untuk menaikan tegangan (voltase) listrik accu dari 12 volt menjadi 12.500 sampai 25.000 volt.
·         Distributor
Berfungsi untuk mendistribusikan tegangan listrik ke setiap busi melalui rotor dan kabel busi
Ø  Bagian-bagian distributor

·         Cam (nok)
berfungsi untuk membuka breaker point (platina) pada sudut crankshaft (poros engkol) yang tepat pada masing-masing silinder.
·         Breaker point (platina)
berfungsi untuk memutuskan arus listrik yang mengalir melalui kumparan primer dari ignition koil untuk menghasilkan tegangan tinggi pada kumparan sekunder dengan cara induksi magnet listrik
·         Capasitor/kondensor
berfungsi untuk menyerap bunga api yang terjadi antara breaker point (pada platina) pada saat membuka dengan tujuan untuk menaikan tegangan coil sekunder.
·         Centrifugal garvernor advancer
berfungsi untuk memajukan saat pengapian sesuai putaran mesin
·         Vacum advancer
berfungsi untuk memajukan saat pengapian sesuai dengan beban mesin (vacum intake manifold)
·         Rotor
berfungsi untuk membagikan arus listrik tegangan tinggi yang di hasilkan oleh ignition coil ke tiap-tiap busi
Ø  Distributor cap
berfungsi untuk membagi-bagikan arus listrik tegangan tinggi dari rotor ke kabel tegangan tinggi untuk masing-masing silinder
Ø  Kabel busi
Berfungsi menghantarkan arus listrik tegangan tinggi ke busi
Ø  Busi
Berfungsi untuk memantikan listik di dalam ruang bakar untuk menghasilkan bunga api
Ø  Cara kerja sistem pengapian
Pada saat kunci kontak on, platina menutup, aliran arusnya adalah :
Baterai -> kunci kontak -> primer koil -> platina -> massa.
Pada saat platina membuka, arus listrik melalui primer coil terputus, terjadi induksi tegangan tinggi pada sekunder koil, sehingga arus akan mengalir seperti di bawah ini:
Sekunder koil -> kabel tengangan tinggi -> tutup distributor -> rotor -> kabel tegangan tinggi (kabel busi) -> busi -> massa
Ø  ANALISIS PERMASALAHAN
Keadan
Kemungkinan
penyebab
Pemeriksaan/
Perbaikan
1.arus listik kurang lancar, pada kutub terminal aki terdapat oksidasi berwarna putih
1.       Ada masalah pada sistem pengisian
2.       Pengisian terlalau besar (over charging) kurang perawatan
1.       Cek dan perbaiki system pengisian
2.       Bersihkan kutub terminal accu dengan cara menyiramkan air panas pada kedua kutub teriminal sampai oksidasi hilang
2.enjin hidup tetapi tersendat-sendat
1.busi salah atau cacat
2.tutup distributor atau rotor cacat
3.kabel sekunder rusak
4.konektor jelek
5.koil rusak
6.kebocoran pada kabel busi
7.sistem bahan bakar rusak
1.bersihkan,setel celah atau ganti
2.ganti tutup didtibutor dan rotor
3.ganti kabel sekunder
4.bersihkan konektor
5.ganti koil
6.periksa tutup rotor, kabel sekunder
7.rujuk pada sistem bahan bakar
3.mesin tidak bertenaga dan suara mesin terasa kasar 
1.koil panas atau lemah
1.ganti koil
2.jika keaaan darurat, kompres koil dengan kain basah dan biarkan sampai koil dingin, lalu hidupkan mesin
4.platina, mesin tiba-tiba mati dan tidak dapat dihidupkan
1.pegas platina patah karna sudah digunakan terlalu lama.
1.ganti platina
5.mesin terasa pincang dan tidak bertenaga
1.kabel busi terlepas
2.kabel busi putus
3.isolasi kabel busi robek atau rusak
1.pasang kembali busi
2.ganti kabel busi. Jika darurat, gunakan isolasi listrik dan lilitkan pada kabel busi yang busi yang bocor
6.Mesin sulit hidup dan busi basah oleh bensin
1.busi tidak cocok dengan spesifikasi mobil yang digunakan
2.busi mati sehingga tidak terjadi loncatan bunga api
1.periksa busi dengan menggunakan vealer gauge, rapatkanlah celah busi dengan elektroda busi dengan ukuran 0,80 – 0,90
2.ganti busi
7.mesin tersendat
1.busi kotor
2.busi sudah lama dipakai
1.bersihkan busi bila perlu diganti

Ø KESIMPULAN
1. sistem pengapian adalah suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang memilik fungsi yang berbeda yang dirangkai sedemikan rupa sehinga menjadi memiliki suatu fungsi yakni memercian bunga api
2. fungsi pengapian adalah untuk menghasilkan tenaga yang tinggi untuk mengadakan bunga api di antara elektroda busi sehingga campuran bahan bakar dan udara di bakar secara sempurna walau kecepatan berubah-ubah.
3. komponen-komponen sistem pengapian terdiri dari accu (baterai), kunci kontak, koil, distributor, platina, kabel busi, dan busi

4 kerusakan yang terjadi biasanya di akibatkan oleh umur dari komponen-komponen tersebut.           

No comments:

Post a Comment

SISTEM REM DAN KOMPONENNYA || OTOMOTIF

BRAKE SISTEM Fungsi : * Mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan. Memungkinkan parkir ditempat yang menurun Sebagai alat p...