WIRING KELISTRIKAN LAMPU LAMPU
TEORI DASAR
FUNGSI KELISTRIKAN LAMPU LAMPU ADALAH :
Ø
UNTUK MENERANGI JALANAN KETIKA DI MALAM HARI
ATAUPUN DI KEGELAPAN
Ø
UNTUK MEMBERI ARAH UNTUK TANDA BELOK
KOMPONEN KELISTRIKAN LAMPU LAMPU :
Ø
LAMPU KEPALA
BERFUNGSI UNTUK MENERANGI KENDARAAN DI
LAMPU JAUH MAUPUN DEKAT
Ø
LAMPU TANDA BELOK (SEIN)
BERFUNGSI UNTUK MEMBERI TANDA BELOK SUPAYA
TIDAK TERJADI KECELAKAAN BERKENDARA
Ø
LAMPU MUNDUR
BERFUNGSI UNTUK MEMBERI PETUNJUK KETIKA
MOBIL SEDANG MUNDUR
Ø
LAMPU KOTA
BERFUNGSI UNTUK MEMBERI PETUNJUK KETIKA
WAKTU SENJA SEBELUM MENYALAKAN LAMPU KEPALA
Ø
KLAKSON
BERFUNGSI UNTUK MEMBERI PERINGATAN PADA
KENDARAAN LAIN
ALAT YANG
DIGUNAKAN UNTUK KELISTRIKAN LAMPU LAMPU
Ø
MULTITESTER
Ø
BATTERAY
Ø
OBENG TEKIRO
BAHAN YANG
DIGUNAKAN UNTUK KELISTRIKAN LAMPU LAMPU
Ø
KABEL TEGANGAN TINGGI
Ø
KABEL
Ø
RELAY
Ø
FUSE
Ø
FLASER
Ø
KUNCI KONTAK
CARA KERJA
Ø
RANGKAIAN KELISTRIKAN LAMPU TANDA BELOK
BATTERAY > IGNITION SWITCH > FUSE > FLASHER
> SAKLAR KOLOM > LAMPU > NEGATIF .
Ø
RANGKAIAN KELISTRIKAN LAMPU HAZZARD
BATTERAY > FUSE > FLASHER
> SAKLAR COLOM > LAMPU > NEGATIF .
Ø
RANGKAIAN KELISTRIKAN LAMPU KOTA
BATTERAY > IGNITION SWITCH
> FUSE > SAKLAR KOLOM > RELAY 85 > RELAY 86 > NEGATIF > RELAY
30 > BATTERAY > RELAY 87 > LAMPU > NEGATIF .
Ø
RANGKAIAN KELISTRIKAN LAMPU KEPALA (JAUH )
BATTERAY > IGNITION
SWITCH > FUSE > SAKLAR KOLOM >
RELAY 85 > RELAY 86 > NEGATIF > RELAY 30 > BATTERAY > RELAY 87
> LAMPU JAUH > NEGATIF .
Ø
RANGKAIAN KELISTRIKAN LAMPU KEPALA (DEKAT)
BATTERAY > IGNITION SWITCH
> FUSE > SAKLAR KOLOM > RELAY 85 > RELAY 86 > NEGATIF > RELAY
30 > BATTERAY > RELAY 87 > LAMPU DEKAT > NEGATIF
ANALISA
PERMASALAHAN
Ø
KALAU KETIKA MERANGKAI KELISTRIKAN LAMPU LAMPU
DAN MENYALANYA LAMPU TIDAK SEMPURNA ATAU REDUP ITU MASALAHNYA BISA KARENA
KURANG MASSA .
Ø
KETIKA MERANGKAI RANGKAIAN KELISTRIKAN TIDAK
MENGIKUTI WIRING DIAGRAM MAKA LAMPU TIDAK AKAN MENYALA DAN BISA SAJA DI FUSENYA
PUTUS
Ø
BATTERAY KURANG TEGANGAN PUN BISA MEMBUAT
MASALAH DI WAKTU RANGKAIAN
Ø
KETIKA RANGKAIAN SUDAH BENAR TAPI MASIH TIDAK
MENYALA BISA SAJA LAMPUNYA MATI.
Ø
KETIKA RANGKAIAN SUDAH BENAR TAPI BERLEBIHAN
ARUSNYA MAKA AKAN MENGAKIBATKAN FUSE PUTUS DAN PENYALAAN LAMPU AKAN BERLEBIHAN
TIDAK NORMAL.
KESIMPULAN
Ø
SISTEM KELISTRIKAN LAMPU SANGAT BERPERAN PENTING
UNTUK SUATU KENDARAAN KARENA BISA MEMBANTU KETIKA DI MALAM HARI TIDAK HANYA DI
KENDARAAN SAJA TAPI DI KEHIDUPAN SEHARI HARIPUN PENERANGAN SANGAT DI BUTUHKAN
JIKA SISTEM PENERANGAN ITU TIDAK ADA SISTEM PENERANGAN MAKA KENDARAAN AKAN
SULIT UNTUK MELAJU DI KEGELAPAN DAN SANGAT PENTING BUAT ILMU KITA KARENA RATA
RATA MEKANIK TIDAK BISA MERANGKAI SOAL KELISTRIKAN.
No comments:
Post a Comment