RANGKUMAN
PERBANDINGAN ANTARA EFI DAN KARBURATOR
NO
|
METODE
|
KARBURATOR
|
EFI
|
||||
1
|
PEMBENTUKAN
CAMPURAN BAHAN BAKAR
DAN UDARA
(AIR FUEL MIXTURE)
|
PADA PUTARAN IDLING VOLUME
UDARA YANG MASUK D UKUR SESUAI DENGAN TEKANAN (VACUUM) SEKITAR IDLE PORT DAN
SLOW PORT DEKAT DENGAN THROTTLE VALVE DAN BAHAN BAKAR YANG SEDIKIT MENGALIR
MELALUI LUBANG LUBANG TERSEBUT.
|
EFI MEMPUNYAI DUA PERALATAN YANG BERBEDA UNTUK MENGUKUR VOLUME UDARA
YANG MASUK DAN BAHAN BAKAR YANG DIINJEKSIKAN,VOLUME UDARA YANG MASUK D UKUR
OLEH SEBUAH SENSOR ( AIR FLOW METER) DAN SIGNAL YANG D PEROLEH ,DIKIRIM KE
ECU (ELEKTRONIK CONTROL UNIT ) SELANJUTNYA ECU MENGIRIM SIGNAL KE INJECTOR
INJECTOR AGAR INJECTOR DAPAT MENGINJEKSIKAN BAHAN BAKAR DENGAN TEPAT YANG
TELAH BERTEKANAN OLEH POMPA BAHAN BAKAR KE DALAM INTAKE PORT PADA SETIAP
SILINDER .
|
||||
2
|
PADA CUACA DINGIN
|
SISTEM CHOKE MELAKUKAN FUNGSINYA PADA TEMPERATURE RENDAH UNTUK
MENDAPATKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR UDARA YANG KAYA,CHOKE VALVE DAPAT BEKERJA
SECARA MANUAL ATAU OTOMATIS
|
TEMPERATURE AIR PENDINGIN DIDETEKSI OLEH SENSOR (THERMISTER) D RUBAH
MENJADI SIGNAL LISTRIK DAN DI KIRIM KE ECU,YANG AKAN MENAMBAH CAMPURAN BAHAN
BAKAR UDARA SESUAI DENGAN SIGNAL YANG D TERIMA.
|
||||
3
|
SELAMA AKSELERASI
|
UNTUK MENCEGAH CAMPURAN KURUS SELAMA AKSELERASI ,PADA SAAT THROTTLE
VALVE MEMBUKA DARI POSISI TERTUTUP PENUH SEJUMLAH BAHAN BAKAR YANG D
SEMPROTKAN MELALU SALURAN KHUSUS UNTUK MENGKONPENSASI KETERLAMBATAN
PENGIRIMAN DARI NOZZLE UTAMA .
|
PADA SYSTEM EFI BAHAN BAKAR YANG BERTEKANAN TINGI DENGAN SERENTAK
DIINJEKSIKAN SESUAI DENGAN PERUBAHAN VOLUME UDARA YAG MASUK YANG D ATUR OLEH
ECU DENGAN DEMIKIAN TIDAK TERJADI KETERLAMBATAN PENGIRIMAN
|
||||
KEISTIMEWAAN EFI SYSTEM
1.MEMUNGKINKAN
PEMBENTUKAN CAMPURAN YANG HOMOGEN PADA SETIAP SILINDER
2.PERBANDINGAN BAHAN
BAKAR DAN UDARA DAPAT DI PEROLEH PADA SEMUA RPM MESIN
3.RESPON YANG BAIK
SESUAI DENGAN PERUBAHAN THROTTLE
4.KOREKSI CAMPURAN
AHAN BAKAR DAN UDARAN PADA KONDISI
a.KOMPENSASI PADA TEMPERATURE RENDAH
b.PENGHENTIAN BAHAN BAKAR
5.EFISIENSI PEMASUKAN
CAMPURAN BAHAN BAKAR DAN UDARA
GARIS BESAR
EFI
SYSTEM EFI D BAGI MENJADI 2 TIPE
1.TYPE D – EFI (TIPE MANIFOLD PRESSURE CONTROL)
TYPE
INI MENGUKUR KEVACUMAN DIDALAM INTAKE MANIFOLD DAN VOLUME YANG D SENSOR BERDSARKAN
KERAPATAN UDARA .
2.TYPE L-EFI ( TIPE AIR FLOW METER )TYPE INI MENGGUNAKAN AIR
FLOW METER YANG LANGSUNG MENSENSOR
JUMLAH UDARA YANG MENGALLR KEDALAM INTAKE MANIFOLD.
MESIN BENSIN
GARIS BESAR
PADA MESIN BENSIN , PENCAMPURAN UDARA BAHAN BAKAR DILETAKAN
DIMESIN,DAN TENAGA INI DI UBAH MENJADI GERAKAN ROTASI UNTUK MENGGERAKAN
KENDARAAN .
UNTUK MENGOPERASIKAN MESIN,BERBAGAI MACAM SISTEM DISEDIAKAN
SEBAGAI TAMBAHAN BAGII MESIN ITU SENDIRI.
1.MESIN
2.SISTEM HISAP
3.SISTEM BAKAR
4.SISTEM PELUMAS
5.SISTEM PENDINGIN
6.SISTEM BUANG
PENGOPERASIAN
Untuk membangkitkan tenaga guna menggerakan kendaraan ,
mesin bensin mengulang keempat langkah berikut:
1.langkah hisap
2.langkah kompresi
3.langkah pembakaran
4.langkah buang
Langkah
hisap
katup buang menutup dan katup hisap membuka.langkah kebawah
piston menyebabkan campuran udara bahan bakar tertarik kedalam silinder dari
katup hisap yang terbuka.
Langkah
kompresi
Piston menyelesaikan langkah kebawahnya dan katup hisap
menutup.pencampuran udara bahan bakar yang tertarik kedalam sillinder menjadi
sangat mampat di karenakan langkah ke atas piston
Langkah
pembakaran
Saat piston hampir menyelesaikan langkah keatasnya,arus
mengalir ke busi ,sehingga menciptakan loncatan bunga api.
Langkah
buang
Katup buang membuka saat piston hampir menyelesaikan langkah
kebawahnya.kemudian gas buang yang d hasilakan oleh pembakaran tersebut di
buang keluar dari silinder.
Sistem
bahan bakar
1.tangki bahan bakar
2.pompa bahan bakar
3.saringan bakar
4.pressure regulator
5.injector
6.tutup tangki bahan bakar
No comments:
Post a Comment